Rahasia Di Balik Korek Api

Sekarang kita akan mencoba bermain dengan menggunakan media korek api. Caranya sediakan 20 batang korek api dan masukkan ke dalam kotak tempat korek api. Berikan korek api itu kepada salah seorang teman dan mintalah dia mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1 : Pilihlah sembarang bilangan antara 1 sampai 10

Langkah 2 : Keluarkan korek api dari kotaknya sebanyak bilangan yang dipilih

Langkah 3 : Hitung sisa korek api dan cari jumlah dua digit angka-angkanya

Langkah 4 : Keluarkan lagi korek api sebanyak jumlah dari digit angka-angkanya

Langkah 5 : Ambil sebagian korek api yang tersisa dan bakar tapi jangan sampai habis

Langkah 6 : Mintalah batang korek api yang terbakar maupun kotak korek apinya

Langkah 7 : Kocok-Kocoklah kotak korek api seolah-olah kita menebak batang korek api yang tersisa di dalam kotak itu. Kemudian beritahu temanmu berapa banyak korek api yang tersisa

Nah, agar permainan ini kelihatan lebih keren, selama proses berlangsung kamu bisa sambil membelakangi temanmu atau menggunakan penutup mata untuk menutup mata kamu.

Bagaimana sesungguhnya permainan ini berkerja? Agar jelasnya mari kita ikuti langkah-langkah tersebut dengan contoh yang kongkret.

Langkah 1 : Misalkan temanmu memikirkan angka 5

Langkah 2 : Dia akan mengeluarkan 5 batang korek api dari kotaknya

Langkah 3 : Hitung sisa korek api dan cari jumlah dua digit angka-angkanya. Ini berarti sisa korek apinya 15 dan jumlah dua digit angka-angkanya adalah 1+5 =6

Langkah 4 : Temanmu akan mengeluarkan lagi batang korek api dari dalam kotak sebanyak 6 batang.

Langkah 5 : Misalkan teman kita membakar 4 batang korek api.

Langkah 6 : Temanmu menyerahkan sisa 4 batang korek api yang terbakar dan juga kotak korek apinya.

Dengan berlagak mengocok-ocok kotak korek api seolah-olah menebak isi kotak korek api yang tersisa, sebenarnya kamu sedang menghitung, yaitu mengurangkan 4 dari 9. Setelah cukup meyakinkan katakan kepada temanmu bahwa isi dalam kotak korek itu adalah 5. dan tentu saja, temanmu akan terkaget-kaget tidak percaya. Mau bukti ? Silakan coba!

Mau tahu rahasia permainan ini? Baiklah. Sebenarnya tanpa memperhatikan beberapa banyak korek api yang dikeluarkan oleh temanmu pada langkah kedua, pasti akan terdapat sembilan korek api yang tersisa dalam kotaknya pada akhir langkah keempat. sehingga kamu hanya perlu mengurangkan banyak korek api yang dibakar dari 9 untuk mendapatkan sisa korek api dalam kotaknya.

Mengapa harus mengurangkan batang korek api yang terbakar dengan 9? Bagaimana penjelasannya. Misalkan bilangan yang dipikirkan temanmu x. Oleh karena itu, korek api yang dikeluarkan dari kotaknya sebanyak x buah. Sehingga sisa korek api didalam kotak adalah 20-x atau bisa dinyatakan sebagai 10+ (10-x) Dengan demikina jumlah digit-digit angka-angkanya adalah 1 + (10-x) = 11-x [ sebagai contoh 13 = 10 + (10-7), jumlah dua digit angka-angkanya adalah 1 + (10-7) = 1+ 3 = 4] Keluarkan lagi korek api sebanyak jumlah dari dua digit angka-angkanya yaitu (11- x), sehingga sisa korek api dalam kotak adalah (20-x) -(11-x) =9. Kemudian misalkan sebagian sisa korek apidi dala kotak itu dibakar adalah k, maka jumlah korek api yang masih tersisa di dalam kotak adalah 9-k.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial