Menebak Tanggal Lahir dan Bulan Lahir dengan Kartu Ajaib

Sebelum memulai permainn ini, kamu terlebih dahulu harus membuat kartu ajaib. Tidak sulit, kamu hanya perlu beberapa kertas untuk menuliskan angka-angka tertentu untuk tiap-tiap kartu. Tentu kalau kamu membuat kartu itu lebih menarik dengan berbagai gambar dan hiasan dan bisa awet digunakan, kamu bisa mebuatnya dengan kertas manila yang kemudian dilaminating. Kartu yang kamu buat adalah sebagai berikut.

Setelah kartu itu selesai dibuat, mari sekarang kita memainkannya.

Kita akan coba menebak tanggal dan bulan lahir dengan kartu buatunmu itu. Bagaimana caranya?

Tunjukkan kartu 1 kepada temanmu, dan mintalah temanmu untuk melihat apakah angka tanggal lahirnya ada dalam kartu 1. Jika ada kartu tersebut tetap kamu bawa. tetapi jika tidak ada, letakkan kartu tersebut di atas meja dalam keadaan tertutup. Lakukan langkah serupa untuk kartu 2, kartu 3, kartu 4 dan kartu 5.

Sebagai contoh , mislakan tanggal lahir temanmua 20 (tentu saja dalam permainan sebenarnya kita belum tahu tanggal lahirnya). Tunjukkan kartu 1dan tanyakan apakah tanggal lahirnya merupakan salah satu bilangan di kartu 1. Tentu temanmu menjawab tidak, sehingga kamu harus meletakkan kartu itu di meja dalam keadaan tertutup.

Lanjutkan dengan menunjukkan kartu 2 dan tanyakan apakah tanggal lahirnya ada dalam kartu 2. temanmu akan menggelang, sehingga kamu harus meletakkan kartu itu di meja dalam keadaan tertutup.

Berikutnya tunjukkan kartu 3 dan tanyakan apakah tanggal lahirnya ada dalam kartu 3. temanmu akan mejawab iya, sehingga kamu tetap memegang kartu 3 tersebut.

Tunjukkan kartu 4, mintalah temanmu untuk mengamati dan tanyakan apakah angka tanggal lahitnya merupakan slaah satu bilangan pada kartu 4. temanmu pasti akan menggeleng lagi, sehingga kamu harus meletakkan kartu itu di meja dalam keadaan tertutup.

Terakhir tunjukkan kartu kelima dan mintalah temanmu untuk memeriksa apakah tanggal lahirnya ada dalam kartu 5. dan temanmu akan mengganguk. sehingga kamu harus tetap memegang kartu tersebut.

Dan inilah rahasianya! Perhatikan angka pertama yaitu angka yang terletak pada sudut kiri atas dari kartu yang masih kamu pegang yaitu kartu 3 dan kartu 5. angkanya adalah 4 dan 16. Apakah hubungannya dengan 20? Benar, kedua bilangan tersebut dijumlahkan hasilnya sama dengan 20 yang merupakan tanggal lahir temanmu.

Jadi untuk mengetahui tanggal lahir temanmu, kamu cukup menjumlahkan angka pertama dari masing-masingkartu yang masih kamu pegang. Tidak percaya? Silakan buktikan sendiri! Karena permainan ini belum selesai kamu cukupmengingat hasil penjumlahan angka-angka pertama dari kartu yang masih kamu pegang. Seanjutnya kita kan melihat bulan lahirnya. namun terlebih dahulu kamu harus menjelaskan bahwa bulan lahit dipadankan dengan angka-angka. januari padananya , Februari 2 dan seterusnya sehingga Desember berpadanan dengan 12.

Dengan cara yang sama, kamu menunjukkan kartu dari kartu sampai kartu 5 kepada temanmu dan mintalah temanmu untuk memeriksa apakah angka bulan lahir ada pada kartu atau tidak. jika tidak ada, kartu diletakkan dimeja dalam keadaan tertutup, sedangkan jika ada kartu tetap kamu pegang.

Selamat Mencoba dan bermain!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial